Belajar Python

Saat ini seringkali kita menggunakan bahasa interpreter untuk pembuatan program IT mulai dari PHP , Perl . menurut tutorialspoint.com, definisi mengenai python : Python is a general purpose interpreted, interactive, object-oriented and high-level programming language. Python was created by Guido van Rossum in the late eighties and early nineties. Like Perl, Python source code is also now available under the GNU General Public License (GPL). Anda dapat menggunakan python dengan berbagai sumber referensi dan code yang tersedia di internet ataupun situs resminya, karena python berlisensi GNU. Dengan python anda dapat membuat program berbasis object oriented language ataupun procedural dengan mudah. Sebelum memulai memprogram python

1. Installasi Python
Setelah anda mengunduh file installasi, lakukan installasi pada windows anda, atau jika yang menggunakan linux ubuntu, telah tersedia pada Os nya, kemudian setting environment variable agar python dapat dirunning di CMD tanpa harus masuk ke directory python.

 

 

 

Tes koneksi anda pada cmd dengan menjalankan python seperti gambar dibawah :

 
2. Python Basic
Ketikan perintah dibawah pada python anda

 

Setiap baris perintah yang anda jalankan pada python anda, maka otomatis akan langsung di eksekusi seperti pada gambar diatas, jika anda ingin barisan perintah anda dieksekusi satu kali diakhir maka simpan terlebih dahulu di text editor dengan menyertakan ekstensi .py dibelakang file dengan program anda. Contoh helloworld.py berisi sintak berikut :

 

Ketika dijalankan, maka akan menghasilkan output seperti berikut :

 
a. Variabel
Pada python, anda tidak diharuskan menuliskan tipe data pada variable, dikarenakan python telah mendukung otomatisasi tipe data variable sesuai dengan nilai yang diberikan. Contoh :

 

 

Keterangan :
 Nilai variable A sudah otomatis menjadi tipe data integer, dikarenakan diberikan input nilai 5, variable B otomatis menjadi string, C menjadi double dan D menjadi Integer

 b. Operator Python
Dalam python, anda dapat menggunakan beberapa operator diantaranya arithmetic, Comparison, Logical, Asignment,dan conditional. Berikut penerapan dari operator pada python

 


c. Input Untuk melakukan operasi input dan output, anda dapat menggunakan perintah berikut :

 

 

Keterangan : Import os : pemanggilan fungsi dengan nama os Os.system(“cls”) : clearscreen pada command prompt anda Raw_input() : input untuk string Input() : input untuk integer 

3. Analisis Kasus
Analisis kasus merupakan proses pemilihan dari kondisi tertentu namun hasil berbeda. Misalkan contoh kasus: “Pabrik X memproduksi dua jenis mobil yaitu mobil bertipe SUV dan minibus, harga satu unit mobil SUV Rp.100.000.000 dan minibus Rp.75.000.000, pada saat tertentu, client ingin membeli mobil, dengan harga Rp. 75.000.000”, maka analisis kasus nya :

If(hargamobil == 75 juta): 
Print “Beli Mobi minibus”
Elsif(hargamobil==100 juta): Print “Beli Mobil SUV”
Else:
Print “Tidak Beli Apa apa”

 

Contoh lainnya pada program diatas, jika username dan password sesuai dengan username dan password di system maka programa akan mencetak kondisi tertentu dapat berupa True atau False.

 

 4. Perulangan
Perulangan merupakan program untuk melakukan berbagai intruksi atau aksi secara berulang kali sesuai dengan kondisi yang ditentukan atau tidak ditentukan. Contohnya : kasus dalam robot Tong sampah. Robot akan terus membuka tong sampah secara berulang jika ada manusia yang ingin membuat sampah.

                

Keterangan :
 - Pada statement 1, nilai awal a = 0 kemudian selama a < 10 maka lakukan perulangan dengan mencetak nilai a , lalu a di increment, atau ditambahkan dengan nilai 1 - Pada statement 3 , nilai awal c = 10 kemudian selama c tidak sama dengan 0 maka nilai c di decrement / dikurangi 1 dan dicetak nilainya

 

Keterangan :
 Pada contoh program diatas, akan dilakukan perulangan dengan perulangan pertama i = 1 dan perulangan kedua i = 10

 

Keterangan : 
Pada program diatas, akan dilakukan perulangan dengan range / jarak dari 1 hingga 10 sehingga dilakukan perulangan sebanyak 9 kali

      

Keterangan : 
Sama dengan contoh sebelumnya, namun disini, terdapat sintak reversed dengan arti perulangan dibalik dari mulai 10 hingga 1 , nilai 2 di dalam parameter merupakan jarak antara 10 hingga 1 , sehingga outputnya seperti berikut Program Polindrom Berikut merupakan contoh program polindrom, dimana akan mengembalikan nilai true jika palindrome. Berikut contohnya :

 

5. String
Anda dapat melakukan operasi dan manipulasi string dengan mudah di python, berikut contohnya :

      

6. List, Tuple,Dictionary
- List merupakan variable dengan tipe data yang berbeda yang dapat dialokasikan jumlah datanya, sehingga tidak ada pemborosan memory, sedangkan Array merupakan tipe data yang berisi data yang sama yang nilai element nya ditentukan di awal penggunaan Array.
Untuk menggunakan List, berikan nilai variable dengan [] , contoh : A = [] B = [“Element1”,2,”Element3”]
 - Tuple merupakan tipe data sequence yang nilai datanya tidak dapat diubah dikemudian. Tuple didefinisikan sebagai () Contoh : A = ()
 - Dictionary merupakan tipe data yang dapat menyimpan tipe data tertenut, dengan nilai elementnya dapat diberikan nama tertentu. Dictionary didefinisikan sebagai {} B = {“Nama”:”Octav”,”Nilai”:10} Berikut contoh penggunaannya :

 
Keterangan : 
Pada program diatas, merupakan contoh program untuk menentukan jumlah hari pada bulan dan tahun tertentu, jika tahun merupakan kabisat, maka nilainya berbeda pada tahun lainnya


 

Pada contoh diatas, merupakan program untuk manipulasi dan mencetak list pada index tertentu. Program CRUD (Create Read Update Delete) sederhana :

 
Aplikasi akan menambahkan data secara berurtan. Kemudian aplikasi ini dapat menampilkan data data yang telah diinputkan seperti pada gambar diatas. Dan jika ingin menghapus diijinkan dengan menghapus list yang ada. Berikut programnya :

 

7. Prosedur dan Fungsi
Prosedur merupakan suatu sub program yang dieksekusi secara berurutan (sequence) dengan tujuan untuk memperingkas program sedangkan fungsi merupakan suatu sub program yang dijalankan untuk menghasilkan suatu fungsi tertentu tanpa mengubah kode program Contoh :

 

  

Keterangan : 
Baris ke 1 – 5, merupakan deklarasi sebuah fungsi, dikarenakan ada nilai kembalian yang diharapkan, yaitu kondisi true atau false jika user atau password sesuai Baris ke 7 – 10 , merupakan deklarasi prosedur, dikarenakan tidak ada nilai kembalian, dan hanya mengeksekusi program sequence. Perbedaan penggunaan prosedur dan fungsi terletak dari penggunaan nilai kembalian return





Posting Komentar